PKS Dramaga

Survei Litbang Kompas: PKS Raih Tambahan Suara Signifikan dari Generasi Z dan X

08/24/2023

JAKARTA, KOMPAS.TV – Litbang Kompas telah merilis hasil survei terkini atau periode Agustus 2023. Berdasarkan hasil survei tersebut, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) meraih elektabilitas 6,3 persen.

Persentasse elektabilitas yang diraih PKS meningkat 2,5 persen dari hasil survei Mei 2023 lalu.

Jika memperhatikan pergerakan para pemilihnya, tambahan suara signifikan yang diperoleh PKS berasal dari kelompok generasi Z dan X.

“Dilihat dari pergerakan pemilihnya, PKS tampaknya meraih tambahan suara yang signifikan dari kelompok generasi Z (di bawah 26 tahun) dan generasi X (42-55 tahun),” demikian tertulis dalam hasil riset Litbang Kompas, dikutip dari Kompas.id, Kamis (24/8/2023).

“Sementara dari segi asal pulau pemilih, PKS mampu menaikkan dua kali lipat pemilih dari Pulau Sumatera dan menaikkan signifikan pemilih dari Jawa.”

PKS juga dinilai merupakan partai yang konsisten menjadi oposan pemerintah. Tingkat kepuasan dan keyakinan pemilih PKS tersebut jauh lebih rendah daripada sembilan partai lain.

Hanya 43,0 persen responden PKS yang mengaku puas terhadap kinerja pemerintah, dan 52,3 persen yang yakin terhadap kinerja pemerintah.

Sumber: KOMPAS TV

Leave a Comment