PKS Dramaga

Pulangkan TKW Hamil Muda, PKS Selamatkan Satu Janin

07/23/2023

RMOLJABAR – Advokasi dan pendampingan diberikan anggota DPRD Kota Bandung Fraksi PKS, Suli Sulastri terhadap calon tenaga kerja wanita (TKW) yang berhasil dipulangkan ke Tanah Air karena tengah hamil muda.

Pemulangan TKW asal Kota Bandung, Iis Sukaesih (36) yang rencananya bekerja di Malaysia dilakukan setelah PKS berkoordinasi dengan pemerintah.

Susi Sulastri menceritakan, kondisi Iis yang tengah hamil muda baru diketahui sesampainya di Negeri Jiran. Iis pun diberikan opsi tetap bekerja atau pulang ke Indonesia.

“Jika ingin tetap bekerja harus memilih opsi aborsi. Kalau mau kembali ke Tanah Air, dengan biaya sendiri ditambah denda,” terang Susi di Bandung, Rabu (19/7).

Dihadapkan dengan pilihan tersebut, Iis menghubungi Susi agar bisa pulang. Lalu, Susi berkoordinasi dengan anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani untuk menjemput dan mengadvokasi dengan alasan kemanusiaan.

Susi bersyukur karena koordinasi dari semua pihak terkait berjalan sangat baik. Sehingga, proses pemulangan calon TKW dari Malaysia tersebut berjalan lancar.

“Alhamdulillah satu janin berhasil diselamatkan, dan pada hari Selasa sudah sampai di Bandung, berkumpul dengan keluarga dan menggelar syukuran,” pungkasnya.

Sumber: RMOL JABAR

Leave a Comment