PKS Dramaga

PKS Respons Potensi Koalisi AMIN dengan Ganjar-Mahfud di Putaran Kedua

01/13/2024

Jakarta, CNN Indonesia — Partai Keadilan Sejahtera (PKS) buka suara soal peluang berkoalisi dengan pasangan calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD apabila Anies-Muhaimin (AMIN) lolos ke putaran kedua Pilpres 2024.
Presiden PKS Ahmad Syaikhu mengatakan akan melihat terlebih dahulu pihak mana yang lolos ke putaran kedua, selanjutnya keputusan akan dibuat.

“Insya Allah saya terbuka pada semua kalangan karena kita enggak tahu apakah kita masuk, mudah-mudahan itu harapannya. Tapi, itu dengan siapanya kita enggak tahu juga,” ujar Syaikhu usai menghadiri agenda haul KH. M. Bisri Syansuri ke-45 di Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar, Jombang, Sabtu (13/1) dini hari.

ADVERTISEMENT

“Oleh karena itu, semua komunikasi ini mesti terbangun dengan baik sehingga jangan jadikan pilpres menjadi sarana justru untuk saling bermusuhan satu sama lain,” imbuhnya.
Meski mengaku belum melakukan pertemuan dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang mencalonkan Ganjar-Mahfud, Syaikhu memastikan komunikasi tetap dilakukan.

Termasuk ketika dirinya bertemu dengan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dalam acara di KPU dan menyempatkan waktu untuk berbincang-bincang.

“Enggak ada [pertemuan], hanya mungkin komunikasi-komunikasi saja,” kata Syaikhu.

Ia turut merespons kedekatan pasangan AMIN dengan kubu Ganjar-Mahfud. Menurut dia, hal tersebut menandakan sesuatu yang baik.

“Kita tentu namanya perpolitikan, kita harap ini dibangun dengan suasana penuh komunikasi sehingga jangan jealous, jangan kemudian menjadi kaku dan kemudian malah seolah-olah jadi permusuhan abadi,” ucap Syaikhu.

“Saya kira dalam perpolitikan perlu ditunjukan dengan kedewasaan,” pungkasnya.

Saat ini PKS bersama Partai NasDem dan Partai Ummat mendukung Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar untuk berlaga di Pilpres 2024.

Wacana bergabungnya partai koalisi pengusung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD andai Pilpres 2024 berlangsung dua putaran mulai terdengar.

Sinyal kerja sama antardua poros tersebut kian menguat bersamaan dengan sejumlah prediksi lembaga survei yang menyebut pilpres bakal berlangsung dua putaran.

Kedekatan antara Ganjar dan Cak Imin di media sosial pun mulai tampak. Selain itu, Anies-Cak Imin bahkan sempat terlibat perbincangan hangat dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani usai debat ketiga Pilpres 2024.

Pasangan capres-cawapres nomor urut 1 ini juga secara khusus memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada PDIP yang berulang tahun ke-51 pada 10 Januari lalu.

Sumber : CNNindonesia.com

Leave a Comment